Minggu, 13 Maret 2011

Gempa Jepang 2011

Gempa berkekuatan 8,9 terjadi di lepas pantai timur laut Jepang pada hari Jumat, Gempa ini menggetarkan gedung-gedung perkantoran di Tokyo dan juga menghasilkan tsunami yang maha dahsyat yang menyapu mobil dan kapal di Jepang timur laut. Gempa ini merupakan salah satu gempa terbesar kelima di dunia sejak tahun 1900, menurut US Geological Survey – terjadi pada pukul 14:46 waktu setempat.

Banyak dillaporkan tentang banyaknya korban di Tokyo berbagai petugas sedang mencoba untuk menilai kerusakan, cedera dan kematian akibat gempa, namun belom ada rincian.

Di berbagai lokasi, video TV menunjukkan kerusakan besar dari tsunami, dengan puluhan mobil, kapal dan bahkan bangunan yang terbawa oleh air. Sebuah kapal besar tersapu oleh tsunami menabrak langsung ke pemecah ombak di kota Kesennuma di Miyagi. Gelombang dapat dilihat percikan ke jalan-jalan kota dan di atas jembatan.

Semua kereta di Tokyo dihentikan, dan asap hitam asap naik di atas kaki langit. Kantor pekerja bergegas keluar dari bangunan mereka. Kereta api bawah tanah dihentikan, perangkap komuter bawah tanah. Dalam ekonomi dunia terbesar ketiga, semua bandara ditutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar